Catatan Baerita: Pendapatan Pajak di Banjarbaru Terjun Bebas, Target Tahun 2020 Sulit Tercapai

Pandemi Covid-19 sangat berdampak hampir di seluruh sektor pajak di kota Banjarbaru. Maka tak heran, target Pendapatan Pajak Daerah (PPD) di Banjarbaru pada tahun 2020 yakni Rp 126 miliar diperkirakan tidak akan bisa terealisasi.

Menurut Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Banjarbaru H Rustam Effendi perkiraan tersebut dibuktikan dengan  adanya terjadi penurunan pendapatan pajak selama 4 bulan terakhir. Tepatnya, saat merebak pandemi Covid-19 di berbagai daerah.

Dirincikan, dari Januari hingga April 2020, pendapatan pajak yang masuk hanya mencapai Rp 39,3 miliar. Padahal, jika berkaca di tahun-tahun sebelumnya, kondisi normal pendapatan pajak yang masuk seharusnya sudah menyentuh angka Rp 50 miliar.

Dalam hal ini, hampir seluruh sektor pajak mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19. Sebagai contoh, pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) yang terhitung sampai pada April baru mencapai Rp 8,6 miliar. Jika pada kondisi normal seharusnya sudah mencapai angka Rp 10 miliar.

 

Selengkapnya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of