Sabtu, 4 April 2020 

Catatan Berita: Kabupaten Balangan Terima Penghargaan Pencairan Dana Desa Paling Awal di Indonesia

25/02/2020 – 08:08

Pemerintah Kabupaten Balangan mendapatkan apresiasi dari Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kalimantan Selatan (Kalsel) karena menjadi satu dari tiga daerah di Indonesia yang mampu dengan cepat mencairkan dana desa Tahun 2020.

Apresiasi ditunjukkan dengan penyerahan piagam penghargaan dari Kepala Kanwil DJPb Kalsel, Usdek Rahyono kepada Perwakilan Pemerintah Kabupaten Balangan di Aula Kanwil DJPb Kalsel Jalan S Parman Banjarmasin, Rabu (19/2/2020).

Dijelaskan Usdek, penghargaan dapat diraih karena adanya penyederhanaan kebijakan penyaluran dana desa di Tahun 2020 oleh Pemerintah RI, di mana desa-desa di Kabupaten Kabupaten Balangan dapat dengan cepat memenuhi syarat pencairan dana desa.

Dijelaskan beberapa poin penyederhanaan kebijakan penyaluran dana desa di Tahun 2020 diantaranya yaitu pemangkasan tahapan penyaluran dari yang sebelumnya empat kali menjadi tiga kali yaitu masing-masing sebesar 40 persen, 40 persen dan 20 persen. Teknis penyaluran dana desa Tahun 2020 juga lebih sederhana yaitu ditransfer dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) langsung ke Rekening Kas Desa tanpa melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) seperti pada aturan yang berlaku di Tahun 2019 silam.


Live Chat