Sabtu, 4 April 2020 

Peringatan HUT ke-73 BPK RI

29/01/2020 – 08:26

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) terbentuk pada 1 Januari 1947. BPK telah menjadi saksi, ikut berperan bahkan memperjuangkan pendirian hingga penyelenggaraan negara Indonesia, khususnya dalam hal memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Peringatan HUT ke-73 BPK diselenggarakan dengan kegiatan upacara bendera di Kantor BPK Pusat dan seluruh Kantor BPK Perwakilan.

Di BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, Upacara Peringatan HUT ke-73 BPK dilaksanakan pada Senin (20/1) di halaman kantor BPK Perwakilan. Kepala Subauditorat Kalimantan Selatan II, Suherman, bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan Komandan Upacara, Bambang Jatmiko. Upacara ini diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara membacakan pidato Ketua BPK RI. Ketua menyampaikan bahwa dalam usia BPK yang ke-73 ini, penting kiranya untuk memulai instropeksi dengan menguraikan apa yang sudah kita capai dan memahami di mana sesungguhnya BPK saat ini berada. Capaian sebagaimana dimaksud mencakup pelaksanaan tugas konstitusional BPK sebagai pemeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, upaya-upaya perbaikan dan penguatan kelembagaan dan SDM serta pengakuan internasional terhadap kiprah dan kompetensi BPK sebagai pemeriksa atau auditor eksternal.

Beliau juga menambahkan bahwa betapa pun besarnya tanggung jawab dan ekspektasi masyarakat serta pemangku kepentingan terhadap BPK, ada keterbatasan yang perlu direspon dengan membangun dan memperkuat kebersamaan di BPK, dan oleh karena itu pula tema yang diusung dalam HUT ke-73 BPK adalah “Bersatu Padu, BPK Maju”. Dengan semangat persatuan, setiap unit kerja didorong bersinergi untuk menghasilkan energi besar dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas BPK ke depan. BPK juga mengusung slogan “accountability for all” atau akuntabilitas untuk semua. Slogan ini bermaksud memperluas makna akuntabilitas, dari akuntabilitas untuk pengelolaan keuangan negara menjadi nilai dan budaya yang ditumbuhkembangkan dalam sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dalam upacara ini juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan Satyalancana Karya Satya 10 tahun kepada 10 orang pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan selatan. Usai melaksanakan upacara, Peringatan HUT ke-73 BPK ditutup dengan syukuran dan ramah tamah.

Selain di kantor perwakilan, Peringatan HUT ke-73 BPK juga dilaksanakan di Kantor BPK Pusat. Peringatan tersebut dihadiri oleh pimpinan BPK saat ini dan periode sebelumnya, pensiunan pegawai BPK yang tergabung dalam Persatuan Pasca Karya BPK (Pepaska), para undangan dan mitra BPK, serta pejabat struktural dan fungsional di lingkungan BPK Pusat, Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN). Selanjutnya dilakukan acara syukuran sekaligus pemberian penghargaan LHP Terbaik Tahun 2019 (LHP Reward). BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan menerima penghargaan LHP Terbaik Tahun 2019 pada semua kategori, yaitu Juara 1 LHP DTT atas Kepatuhan atas Belanja Modal TA 2018 pada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Juara 2 LHP atas LK Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun 2017, dan Juara 2 LHP Kinerja atas Efektivitas Sistem Pemungutan dan Pelaporan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Tahun 2017 s.d. Semester I Tahun 2018.


Live Chat