Rabu, 28 Juni 2017 

Profil Kota Banjarbaru

Website : www.banjarbarukota.go.id
Ibukota : Banjarbaru
Alamat Kantor Kepala Daerah :
Jl. Panglima Batur  No.1 Banjarbaru
Telp.  (0511) 772569
Fax.  (0511)  4774269

Kota Banjarbaru berdiri berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 9 Tahun 1999. Lahirnya UU tersebut menandai berpisahnya Kota Banjarbaru dari Kabupaten Banjar yang selama ini merupakan daerah administrasi induk. Kota Banjarbaru yang sebelumnya berstatus sebagai Kota Administratif, sempat berpredikat sebagai kota administratif tertua di Indonesia.

Kini, jumlah penduduk di Kota Banjarbaru terus berkembang dengan perpindahan penduduk dari luar Kota Banjarbaru, baik dari Kalimantan maupun dari luar Kalimantan. Perkembangan penduduk ini beriringan dengan semakin terbukanya wilayah Kota Banjarbaru, baik untuk kawasan pemukiman maupun peruntukan yang lain.

Dalam sejarahnya, Banjarbaru dibangun tidak hanya untuk menjadi ibu kota Kalimantan Selatan, namun menjadi ibu kota Kalimantan. Van Der Veijl, seorang arsitek Belanda yang merancang Banjarbaru berusaha menjadikan Banjarbaru sebagai wilayah yang nyaman untuk dijadikan kawasan tempat tinggal serta kawasan untuk beraktifitas.

Letak Geografis
Kota Banjarbaru berada di wilayah utara Provinsi Kalimantan Selatan, yang secara geografis terletak antara 114°41’22” – 114°54’25’’ Bujur Timur dan 3°25’40″ – 3°28’37’’ Lintang Selatan dengan luas wilayah 328,83 Km², yang terbagi atas 5 kecamatan, dan 20 kelurahan.

Batas Wilayah Administrasi
Sebelah Utara     :    Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar
Sebelah Timur    :    Kecamatan Karang Kabupaten Banjar,
Sebelah Selatan     :    Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut
Sebelah barat     :    Kecamatan Gambut dan Aluh-Aluh Kab. Banjar.