Rabu, 12 Desember 2018 

Profil Kabupaten Banjar

Website : www.banjarkab.go.id
Ibukota : Martapura
Alamat Kantor Kepala Daerah :
Jl. A. Yani No. 2 Martapura

 

 

 

Profil Daerah

Ibu Kota     : Martapura

Semboyan :“Barakat” yang artinya berkat

Dasar pendirian Kabupaten Banjar adalah Undang-Undang Nomor 27 Tahun 1959 tentang Penetapan Undang-Undang Darurat Nomor 3 Tahun 1953 Tentang Perpanjangann Pembentukan Daerah Tingkat II Di Kalimantan.Kantor Pemerintah Kabupaten Banjar beralamat di Jl. Ahmad Yani No. 2 Martapura dengan alamat website www.banjarkab.go.id

Perekonomian

Sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani dari perkebunan karet yang rata-rata adalah kebun perseorangan.Selain itu perkebunan jeruk menjadi penopang hidup sebagian masyarakat yang merupakan produk unggulan dari Kecamatan Astambul.Keberadaan perusahaan lokal, nasional dan asing yang bergerak dibidang Tambang Batubara turut memberikan andil besar terhadap perekonomian di Kabupaten Banjar.

Tambang Batubara di kabupaten ini dikelola oleh perusahaan seperti PT. Pamapersada Nusantara, PT. Kalimantan Prima Persada, PT. Pinang Coal Indonesia dan lain-lain yang diawasi oleh Perusahaan Daerah (PD. Baramarta).

 

Kerajinan Unggulan.

·      Batu Mulia dan Batu Permata ·      Manik-manik
·      Batu Aji ·       Kerajinan Emas
·      Sulam Sugul ·       Kerajinan Perak
·      Sasirangan

Sejarah

Kabupaten dibentuk dengan Undang – Undang Nomor 27 Tahun 1959 tentang Penetapan Undang-undang Darurat Nomor 3 Tahun 1953 tentang Pembentukan Daerah Tingkat II di Kalimantan.

 Visi dan Misi

Visi jangka menengah daerah yang diusung oleh Kepala Daerah terpilih yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Banjar adalah “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Banjar yang Sejahtera dan Barokah”.

Berdasarkan visi tersebut, ditetapkan misi pembangunan Kabupaten Banjar 2016-2021 sebagaimana berikut:

  1. Meningkatkan pengamalan ajaran agama dan suasana kehidupan beragama;
  2. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang berbasis pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan kesejahteraan sosial;
  3. Meningkatkan pengelolaan sumber daya alam berbasis pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan komoditas unggulan daerah lainnya dengan pendekatan Agribisnis dan industri berwawasan lingkungan secara berkelanjutan;
  4. Mewujudkan pemerataan dan keseimbangan pembangunan infrastruktur untuk mendukung daya saing ekonomi daerah;
  5. Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Bersih dan Amanah.

 

Potensi Daerah

  • Pertanian

Kabupaten Banjar merupakan salah satu lumbung padi di Kalimantan selatan. Salah satu hal yang dapat ditingkatkan dari pertanian di Kabupaten Banjar adalah sistem pengairan sawahnya. Sebagian besar lahan pertanian di Kabupaten Banjar masih menggunakan sistem non-irigasi yaitu 90,77 persen atau sebanyak 54.055 hektar dari 59.552 hektar sawah di kabupaten ini.

Hal lain adalah jenis padi yang ditanam petani setempat. Sebanyak 53.245 hektar sawah masih ditanami padi satu kali panen (biasanya padi lokal) dibandingkan 2.926 hektar yang ditanami padi dua kali panen.  Kecamatan dengan sawah terluas adalah Kecamatan Sungai Tabuk dengan 9.609 hektar sawah atau 16,14 persen dari seluruh sawah di Kabupaten Banjar. Terluas kedua adalah Kecamatan Gambut dengan 8.452 hektar sawah atau sekitar 14,19

  • Perdagangan

Jenis sarana perdagangan yang terdapat di Kabupaten Banjar (data tahun 2016) adalah pasar sebanyak 33 buah; toko 6.569 buah; kios 3.960 buah; dan warung 1.765 buah. Pada tahun 2017 sebanyak 18 pasar dikelola langsung oleh PD Pasar Bauntung Batuah yang tersebar di 15 kecamatan.

  • Perindustrian

Perusahaan industri di Kabupaten Banjar berdasarkan data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar Tahun 2016

berjumlah 9.072 buah. Berdasarkan jumlah tenaga kerja yang diserap maka jumlah itu terdiri dari 5 industri besar, 13 industri sedang, 229 industri kecil, dan 8.825 industri rumah tangga. Sementara itu, kalau dilihat menurut jenis industri maka industri makanan minuman  dan tembakau berjumlah 2.602 buah; industri tekstil  pakaian jadi dan kulit berjumlah 491 buah; industry kayu dan hasil barang dari kayu berjumlah 280 buah; industri kertas barang dari kertas dan percetakan berjumlah 130 buah; industri dasar dari logam berjumlah 406; industri barang logam dan mesin sebanyak 541 buah; industri barang galian bukan logam/kerajinan umum sebanyak 3.390 buah; industri kimia  karet  dan plastic sebanyak 709 buah; dan industri lain sebanyak 523 buah.

  • Pariwisata
Lok Baintan

Pasar Terapung merupakan warisan budaya masyarakat Banjar yang konon sudah ada sejak ratusan tahun lalu, tepatnya sejak zaman Kesultanan Banjar. Salah satu pasar terapung yang masih bertahan hingga sekarang adalah Pasar Terapung Lok Baintan yang berlokasi di desa Sungai Pinang (Lok Baintan), kecamatan Sungai Tabuk, kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Pasar Terapung Lok Baintan telah dinobatkan sebagai Destinasi Wisata Nasional oleh Pemerintah Pusat Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Tahura Sultan Adam

Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam yang mempunyai luas lahan hutan sebesar 112.000 hektar secara administratif masuk dalam ranah dua kabupaten yang berbeda, yaitu Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut yang masuk dalam provinsi Kalimantan Selatan. Nama Tahura ini diambil dari nama Sultan Adam Al-Watsiq Billah bin Sultan Sulaiman Saidullah II yang merupakan Sultan Banjar yang memerintah dari tahun 1825 hingga 1857.

 Bukit Batas

Bukit Batas adalah salah satu objek wisata favorit di Kalimantan Selatan yang merupakan bagian dari Desa Tiwingan Baru Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Kawasan ini menawarkan keindahan pemandangan pulau-pulau kecil yang ada pada Waduk Riam Kanan.

 Sekumpul

Mushalla Ar-Raudhah cukup mudah dicari dan ditempuh oleh masyarakat, baik untuk menuntut ilmu (saat guru Sekumpul masih hidup) ataupun yang bermaksud berziarah ke kubah beliau. Di dalam komplek Ar-Raudhah Sekumpul ini, selain bangunan Mushalla Ar-Raudhah dan rumah kediaman keluarga Guru Sekumpul, terdapat pula bangunan kubah (yang dikenal dengan sebutan Kubah Sekumpul), di mana di dalamnya dimakamkan Guru Sekumpul, ibu, paman dan guru beliau.

 Air Terjun Panayar

Inilah surga tersembunyi di Kalimantan Selatan, Air Terjun Panayar. Wisata alam ini pantas dijuluki demikian karena keindahannya yang jarang terjamah karena sulitnya menuju ke lokasi. Air Terjun Panayar terletak di Desa Artain, Kecamatan Aranio. Dari Kota Martapura berjarak lebih kurang 30 kilometer.

 Rumah Banjar Teluk Selong

Rumah Banjar terletak di desa Teluk Selong dan didirikan oleh H. M. Arif dan istrinya Hj. Fatimah pada tahun 1811. Di kawasan Teluk Selong ini terdapat 2 rumah Banjar.

 Waduk Riam Kanan

Danau Riam Kanan merupakan bagian dari Taman Hutan Raya Sultan Adam yang berlokasi di Desa Aranio, Kecamatan Aranio berupa Waduk / Danau seluas lebih kurang 8.000 Ha dengan fungsi utama sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air satu-satunya di Provinsi Kalimantan Selatan.

 Pulau Pinus

Pulau Pinus merupakan salah satu Destinasi Wisata Kabupaten Banjar yang terletak di Waduk Riam Kanan, tepat ditengah waduk tersebut terdapat dua pulau yang ditumbuhi hutan pinus. Oleh karena itu, kedua pulau ini disebut dengan Pulau Pinus.

Air Terjun Lembah Kahung

Bagi Anda penggemar wisata petualangan maka gunung Kahung dan lembahnya adalah pilihan tepat untuk memuaskan naluri bertualang. Sebab pegunungan yang sebagian besar arealnya adalah hutan lindung ini akan memberikan tantangan tersendiri.

Makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari

Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau lebih dikenal dengan Datu Kalampayan,(lahir di Lok Gabang, 17 Maret 1710 – meninggal di Dalam Pagar, 3 Oktober 1812 pada umur 102 tahun atau 15 Shofar 1122 – 6 Syawwal 1227 H)[1] adalah ulama fiqih mazhab Syafi’i yang berasal dari kota Martapura.

Pusat Perbelanjaan Cahaya Bumi Selamat

Taman Cahaya Bumi Selamat, sering disebut Taman CBS terletak di Kota Martapura, Kalimantan Selatan, tepatnya di Jalan Ahmad Yani Km. 39. Bagi Anda kolektor batu-batu mulia, di sini ada tempat khusus untuk berbelanja berbagai oleh-oleh atau kerajinan berbahan intan dan akik.

Masjid Agung Al-Karomah

Masjid Al Karomah yang terletak di pusat kota Martapura. Posisi masjid ini sangat strategis, berdiri megah dekat jalan raya, berdampingan dengan Pasar Martapura, dan berada di tengah permukiman masyarakat

 

Letak Geografis
Kabupaten Banjar terletak antara 2°49’ 55″- 3° 43’ 38″ Lintang Selatan dan 114° 30’ 20″ – 115° 35’ 37″ Bujur Timur dengan luas wilayah 4.688 Km², yang terbagi atas 17 kecamatan, dengan 288 desa/kelurahan.

Batas  Wilayah Administrasi

Sebelah Utara : Kabupaten Tapin
Sebelah Timur : Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu
Sebelah Selatan : Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut
Sebelah Barat : Kabupaten Barito Kuala dan Kota Banjarmasin

Pimpinan Daerah

Wakil Bupati
H. Khalilurrahman H. Saidi Mansyur

Statistik

Jumlah Penduduk (2018) Laki-laki Perempuan Gini Ratio (2016) IPM (2017) Pengangguran (2017) Inflasi (Juli 2018) Penduduk Miskin (%) (2017)
580.026 257.320 249.519 0,31 67,77 3,11 2,96

*Sumber: BPS Kalimantan Selatan


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Live Chat