Selasa, 20 Agustus 2019 

Visitasi Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Lambung Mangkurat

10/07/2019 – 10:42

   Banjarbaru – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) merupakan lembaga negara yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Mengingat pentingnya tugas dan peranan BPK, maka BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan sosialisasi mengenai BPK melalui kegiatan visitasi dengan tema “Time with Professional 2019”, yang diikuti oleh mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Lambung Mangkurat.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 9 Juli 2019 ini dibuka oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, Tornanda Syaifullah, yang sekaligus menjadi narasumber penyampaian materi mengenai BPK. Kepala Perwakilan menerangkan secara singkat mengenai organisasi, tugas dan wewenang BPK. Para mahasiswa juga mendapat penjelasan mengenai jenis-jenis pemeriksaan BPK, opini yang diberikan BPK kepada Provinsi/Kabupaten/Kota di wilayah Kalimantan Selatan serta pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan dan penyelesaian kerugian daerah. Setelah mendapat penjelasan tentang ke-BPK-an, para mahasiswa diajak menyaksikan video profile BPK RI dan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan serta film pendek dari pemenang film Festival Kawal Harta Negara Tahun 2018.

Selain itu, pemahaman para mahasiswa mengenai BPK diuji melalui games yang dipandu oleh Rizal Fatturachman dan Bambang Triardana. Selanjutnya, para mahasiswa diajak untuk melihat proses bisnis pelaksanaan tugas dan fungsi dengan mengunjungi unit-unit kerja pada BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kejelasan informasi tentang BPK kepada mahasiswa serta meningkatkan kesadaran mahasiswa untuk ikut andil dalam menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.


  • Top Download

Live Chat