Jum'at, 16 November 2018 

Catatan Berita: KPK Dorong Peningkatan Kapasitas APIP

13/08/2018 – 10:33

Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), memiliki peran penting untuk mendorong peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Berdasarkan data terakhir, pada triwulan pertama tahun 2017 kemarin, dari keseluruhan jumlah APIP, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota se Kalsel, mayoritas berada pada level 2, yaitu sebesar 71,43 persen. Sedangkan sisanya 14,29 persen berada di level 1 dan 14,29 persen di level 3.

Padahal sesuai rencana jangka menengah nasional 2015-2019, kapabilitas APIP menjadi indikator kinerja, dengan target APIP berada di level 3 pada tahun 2019.
Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Abdul Haris, didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan H Siswansyah dan Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel, Syamsir Rahman, yang hadir mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat membuka Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP, Senin (09/07/2018) di Banjarbaru, menegaskan, APIP yang dalam kapasitasnya sebagai auditor internal pemerintah harus terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas.

Hal ini mengingat APIP merupakan indikator kinerja di organisasi. ”Workshop ini merupakan kesempatan auditor internal pemerintah untuk terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas, agar dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi sehingga mendukung indikator kinerja kita” ucap Abdul Haris. Selengkapnya


  • Top Download

Live Chat