Rabu, 12 Desember 2018 

Catatan Berita: Ingin PAD Terminal KM 6 Tetap ke Pemko

29/11/2016 – 13:29

Ingin PAD Terminal KM 6 Tetap ke Pemko

Terminal Km 6 Banjarmasin terancam dikelola oleh Pemprov Kalsel. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Terminal KM 6 Banjarmasin yang berstatus tipe B semestinya diambil alih Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kalsel. Apalagi jika status terminal jadi dinaikkan menjadi tipe A maka akan dikelola Kementrian Perhubungan RI.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Banjarmasin masih berupaya menaikkan status dari tipe B menjadi tipe A. Namun, Kementrian Perhubungan RI belum memutuskan tentang kenaikan status tersebut .

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Banjarmasin, M. Kasman, mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu hasil Litbang Kementrian Perhubungan RI terkait penetapan tipe Terminal Km 6. Sedangkan status tipe A atau tipe B serta pengelolaannya akan ditetapkan pada bulan Maret tahun depan.

Diakui Kasman, dengan bertipe A, berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, Terminal Km 6 bakal dikelola oleh Kemenhub dan bukan kewenangan Pemko lagi. Bahkan, jika nantinya Terminal Km 6, ternyata diputuskan bertipe B, pengelolaannya juga bukan Pemko Banjarmasin lagi, tapi sudah Pemprov Kalsel. Akan tetapi, Kasman berharap, jika pengelolaan bukan lagi ada di tangan Pemko, PAD (Pendapatan Asli Daerah) tetap bisa dimiliki Pemko.

Tahun ini Pemko Banjarmasin telah mengantongi PAD dari Terminal Km 6 sebesar Rp300 juta. Setelah penetapan pada Maret tahun depan, pihaknya akan membuat kesepahaman dengan Pemprov Kalsel mengenai pengelolaan terminal Km 6.

“Untuk masalah status terminal hingga saat ini tidak ada pengaruhnya terhadap PAD,” sebutnya. Meski nanti dikelola Pemprov atau pusat, tanggung jawab soal pembuatan izin trayek dan pengaturannya tetap masih di bawah Pemko Banjarmasin. Sedangkan retribusi dari terminal juga tetap ke kantong Pemko.

Jika bertipe B, angkutan darat Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tidak diperkenankan lagi beroperasi di Terminal Km 6,”Tapi apa mereka mau pindah ke Terminal 17,” ujar Kasman.

Saat ini, pihaknya sedang fokus untuk megoperasionalkan terminal. Salah satunya ditarget akhir bulan ini PKL di depannya sudah  pindah ke terminal. “Sekarang masih negosiasi soal sewa kios dan Ios terminal. Rencananya, akhir bulan pindah,” katanya. Selengkapnya


  • Top Download

Live Chat