Senin, 11 Desember 2017 

Knowledge Transfer Forum (KTF) “IT AUDIT DALAM AUDIT LAPORAN KEUANGAN” Pada BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan

27/08/2015 – 11:33

KTF E-AUDIT (Copy)Pada hari Kamis, 27 Agustus 2015, bertempat di aula lantai 4 Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Biro SDM BPK RI melaksanakan kegiatan Knowledge Transfer Forum (KTF) dengan tema “IT Audit Dalam Audit Laporan Keuangan”. Acara yang diikuti oleh seluruh auditor di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan itu dibuka oleh Kepala Perwakilan Yulindra Tri Kusumo Nugroho, dan bertindak sebagai narasumber pada acara KTF tersebut adalah Novy Gregory Antonius Palenkahu, Staf Ahli Bidang BUMN, BUMD, dan Kekayaan Negara/Daerah yang Dipisahkan Lainnya. Tujuan diadakan acara tersebut diharapkan agar para peserta memberikan perhatian lebih dalam meningkatkan kemampuan IT Audit-nya dalam melakukan pemeriksaan.

KTF E-AUDIT (2) (Copy)Pada pemaparannya narasumber menyebutkan bahwa pelaksanaan pemeriksaannya dipastikan telah berkualitas, BPK menggunakan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) sebagai standar auditnya. Untuk Pemeriksaan Laporan Keuangan (LK), SPKN memberlakukan Standar Pelaporan Akuntansi Publik (SPAP). Standar Akuntansi (SA) dalam SPAP diantaranya SA 335 dan SA 314 memberikan panduan pelaksanaan IT Audit dalam Audit LK. Praktik IT Audit di BPK sudah berlangsung sejak tahun 1990, dan BPK sudah sangat berpengalaman dalam melakukan IT Audit. Sumber daya manusia yang berpengalaman dalam IT Audit, Juklak/Juknis dan Software terkait IT Audit telah dimiliki BPK secara memadai.

Kedepannya diharapkan pelaksanaan Pemeriksaan LK telah sesuai SA diantaranya berupa penerapan IT Audit untuk entitas yang telah menggunakan IT secara signifikan.


  • Polls

    Pemeriksaan yang dilaksanakan BPK Perwakilan Kalsel bermanfaat bagi pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi

    View Results

    Loading ... Loading ...