Selasa, 24 Oktober 2017 

Pengembangan Komunitas Unggulan BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan

10/08/2015 – 08:41

PKUBadan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan kegiatan Pengembangan Komunitas Unggulan (PKU) dengan tema “Petualangan mencari harta karun BPK”. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 6 s.d. 7 Agustus 2015 selama dua hari di Hotel Novotel Banjarbaru dan kawasan Rumah Makan Parahyangan.  Kegiatan diikuti lebih dari 100 orang pegawai BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan dari seluruh bagian, mulai dari pejabat struktural dan pegawai BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan.

PKU merupakan sebuah sarana pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Satker yang unggul dengan menggunakan metode experiential learning baik melalui aktivitas indoor maupun outdoor yang bertujuan menciptakan komunitas unggulan. Komunitas unggulan adalah Komunitas kerja yang mampu membentuk pemahaman bersama dan menerapkan nilai-nilai dasar BPK, yaitu Independensi, Integritas, dan Profesionalisme. Pengembangan Komunitas Unggulan merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk mencapai komunitas unggulan melalui pembentukan pola pikir perilaku pembelajar dan adaptif terhadap perubahan.

Dalam sambutan Pembukaannya, Kepala Sekretariat perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, Nyoman Sujana mengharapkan dengan adanya kegiatan PKU ini hubungan kerja sama dan kebersamaan semakin erat dan solid sehingga dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara dapat membedakan kepentingan pribadi/golongan dan kepentingan bersama.

Beberapa tantangan yang dihadapi para peserta antara lain adalah belum terinternalisasinya nilai utama BPK (Independensi, Integritas, dan Profesionalisme) secara merata di kalangan pegawai serta pola interaksi antar pegawai yang perlu ditingkatkan sehingga keakraban antar pegawai lebih terasa.  Untuk mengatasi tantangan tersebut, peserta mengikuti penanaman nilai IIP melalui metode diskusi dan simulasi, serta berbagai treatment yang merangsang peserta untuk saling mengenal dan lebih akrab satu sama lain.PKU2

Kepala Sekretariat Perwakilan mengakui bahwa kegiatan PKU BPK yang diselenggarakan oleh Kubik bekerjasama dengan Biro SDM BPK Pusat sangat bermanfaat dalam upaya meningkatkan kebersamaan antar pegawai, serta bisa menjadi sarana yang tepat untuk menginternalisasi nilai IIP.  Beliau juga berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara rutin sehingga kinerja pegawai BPK Perwakilan Provinai Kalimantan Selatan bisa semakin meningkat.


  • Polls

    Pemeriksaan yang dilaksanakan BPK Perwakilan Kalsel bermanfaat bagi pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi

    View Results

    Loading ... Loading ...