Jum'at, 18 Agustus 2017 

Kunjungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan ke RRI Banjarmasin

27/05/2015 – 16:30

Mediavisit (2) (Copy)BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kunjungan ke Radio Republik Indonesia (RRI) Banjarmasin pada hari Rabu tanggal 27 Mei 2015 sekaligus memenuhi undangan BPKP Kalsel untuk mengisi dialog interaktif “Banjar Realita” dengan topikBPK dan BPKP Bersinergi Mengawal Keuangan Negara”. Acara tersebut diisi oleh Kepala Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan BPK RI, Yulindra Tri Kusumo Nugroho dan Kepala Perwakilan BPKP Kalsel Edy Karim dan dipandu oleh Fauzi, presenter RRI Banjarmasin di saluran PRO 1 RRI Banjarmasin.

Kepala Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan BPK RI menjelaskan beberapa hal terkait pemeriksaan yang dilakukan BPK sebagai eksternal auditor, yakni pemeriksaan laporan keuangan, laporan kinerja, dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu terkait dengan pengelolaan keuangan. Untuk laporan keuangan outputnya adalah Opini, sedangkan laporan kinerja output-nya adalah penilaian kinerja yang efektif, efisien dan ekonomis (3E). BPK setiap tahun melaksanakan pemeriksaan yang di tetapkan dalam Rencana Kerja Pemeriksaan (RKP). Selain itu dalam internal BPK terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU), salah satunya adalah harus dapat meningkatkan komunikasi kepada stakeholders berupa media relation, dimana terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah daerah. Namun BPK juga membuka saran dan masukan dari masyarakat mengenai hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah, sebagai acuan pemeriksaan laporan keuangan selanjutnya.

BPK mengakui bahwa asistensi yang dilakukan oleh BPKP Kalsel terhadap pemerintah kabupaten/kota di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan sangat intens, hal ini tidak bisa dilakukan oleh BPK. Komunikasi dan sinergi yang terjalin antara BPK dan BPKP selama ini sudah bagus, terbukti BPKP Kalsel  sangat cepat merespons hasil pemeriksaan audit BPK dalam rangka memberikan bimbingan kepada Pemerintah Daerah.

Mediavisit (1) (Copy)

Dalam dialog interaktif ini dibuka juga sesi tanya jawab melalui line telepon dan pesan SMS dari masyarakat Provinsi Kalimantan Selatan. Beberapa penelepon menanyakan bagaimana peran BPK dan BPKP dalam mengawal keuangan Negara.Diharapkan melalui siaran radio Banjar Realita ini sinergi antara BPK dan BPK di Perwakilan Kalimantan Selatan khususnya dapat berjalan dengan baik dalam mengawal Keuangan Negara.

Pada acara tersebut, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan juga menyerahkan plakat ke RRI Banjarmasin sebagai salah satu Lembaga yang memberikan Dukungan terhadap Pelayanan Media dan Penyampaian Informasi publik khususnya di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.


  • Polls

    Pemeriksaan yang dilaksanakan BPK Perwakilan Kalsel bermanfaat bagi pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi

    View Results

    Loading ... Loading ...